Ia telah Berkorban…

Published Desember 7, 2016 by Hawa

Assalamualaikum

Saya mengenang.. pengorbanannya nyata, seperti yang ia tuliskan..

Saya mengaguminya… pribadi santun nan penuh semangat

Saya menyukai tulisannya, karena ia tak hanya mengukir kata, melainkan juga bergerak dengan sebenarnya…

Ia adalah Almarhumah kak Lusy Desriani..

Izinkan saya mengutip tulisannya berikut ini:

Berkorbanlah..!

Bismillah…

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. (Al Kautsar /Nikmat yang banyak : 1-2)


Saat subuh mulai mendekat dan tiba-tiba diri ini terbangun dari mimpi yang melenakan. Ketika saatnya harus menjalani rutinitas dengan penuh semangat. Kita diajarkan untuk memujiNya ketika mata ini menyala menatap hari baru. Memang tidak semua orang yang diberikan kesempatan untuk menghirup udara segar yang menyenangkan hati. Ada orang yang ruhnya tidak dikembalikan lagi ke jasadnya. Tapi kita masih diberikan kesempatan untuk terus berbekal menghadapi masa kini untuk terus memperbaiki kualitas ibadah, diri, akhlak dan amalan lainnya. Sungguh ketika kita coba menghitung berapa nikmat yang telah diperoleh semenjak dilahirkan ke atas bumi ini, maka kita takkan sanggup melakukannya. Teramat banyak yang telah diberikan ALLAH bagi diri kita.

Kehidupan merupakan masa di mana ALLAH menguji setiap orang dengan ujian yang berbeda-beda. Karena sejatinya hidup itu adalah perjuangan. Dibutuhkan sebuah pengorbanan yang menjadi bukti kesungguhan diri dalam melalui setiap medan juang yang ada di hadapan mata. Pejuang sejati tidak akan mudah merasa menyerah atau melemah kala badai ujian menghadang karena ia selalu tegar atas apapun yang terjadi. Ia sadar di mana posisinya saat ini. Ia tahu bahwa ada penolong yang Maha Kuat tempat ia bersandar dan meminta kekuatan dalam berjuang.

Belajar dari pengorbanan Siti Hajar yang mau mengikhlaskan Ismail untuk disembelih. Walaupun digoda oleh setan laknatullah agar membatalkan rencana Ibrahim untuk mengorbankan anaknya. Namun godaan itu ditepis sekuat tenaga dan ia pun merelakan apa yang dilakukan oleh Ibrahim as. Karena ia sadar yang memerintahkan adalah Dzat yang Maha Kuasa dan Maha Berkehendak. Tak memberontak dalam jiwanya dan menyalahkan takdir atas apa yang akan terjadi pada diri anak kesayangannya. Hal ini disebabkan juga karena rasa cinta yang mendalam kepada ALLAH SWT. Orang-orang yang telah diberikan kenikmatan dalam berkurban akan mendapatkan buah dari keikhlasannya. Sebuah balasan yang tak berhingga baik di dunia maupun di akhirat. Itulah janji ALLAH Azza wa Jalla, yang tidak akan pernah mungkir janji.

Berkurbanlah dengan apa pun yang kita miliki untuk tegaknya kalimat Islam di atas muka bumi. Bersedekah untuk orang-orang yang membutuhkan, mengajak teman untuk mengerjakan salat tepat waktu, menyingkirkan duri di jalan, menggunakan jilbab dalam keseharian, bershalawat kepada Muhammad SAW, membantu saudara yang membutuhkan pertolongan, mengajari teman dalam memahami pelajaran di kuliah, memberikan senyuman pada orang sekitar, jujur dalam ujian akhir semester, dll. Ada banyak yang bisa kita berikan baik harta, ide, waktu, dan tenaga.Khairunnas ‘anfaum linnas (sebaik-baik manusia adalah yang mampu memberikan manfaat kepada orang lain).

Hidup indah jika kita mau berkurban di dunia ini. Masa indah yang tak akan terlupakan ketika apa yang kita berikan dapat bermanfaat bagi orang lain. Keikhlasan merupakan kunci dari pengorbanan. Cukuplah ALLAH SWT yang menilai setiap pengorbanan yang telah kita lakukan. Bukan pujian yang diharapkan karena apalah artinya pujian semu. Orang-orang pilihan yang memiliki keimanan dan kecintaan pada Rabbnya akan terus berjuang dan terus berkurban karena ia sadar bahwa itu adalah sebuah keniscayaan. Maka, mari berkurban untuk mencari keridhoan ALLAH SWT baik di kala senang maupun susah !!!

“Ya Tuhan kami hanya kepada Engkaulah kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali.” (Al Mumtahanah/wanita yang diuji : 4)

oleh: Lusy Desriani, Koordinator Jaringan Muslimah Daerah FSLDK SUMBAR.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: